Alasan Kenapa Mimilih Malaysia Sebagai Tujuan Belajar

Ada beberapa alasan  mengapa perguruan tinggi di Malaysia  menjadi pilihan utama para pelajar dari manca negara termasuk di Indonesia.

Pertama,  biaya  kuliah  yang  lebih  rendah   dibandingkan  dengan negara  seperti di Eropa dan Amerika.  Disamping itu, khusus bagi pelajar dari Indonesia ada banyak keuntungan lainnya seperti biaya hidup  yang terjangkau serta budaya dan bahasa yang memiliki banyak kesamaan. Tentu saja kualitas pendidikan yang ditawarkan oleh perguruan tinggi di Malaysia menjadi  keunggulan lain yang ditawarkan para pengelola pendidikan  di Malaysia.

Kedua,   kemudahan   untuk   pengurusan  Visa   selama   mengikuti pendidikan di perguruan tinggi di Malaysia. Sebab, pihak perguruan tinggi akan  mengurus visa pelajar  untuk  mahasiswa  asal Indonesia  jika telah

diterima di perguruan tinggi yang ditujunya.

Ketiga, kemudahan transportasi menjadi salah satu daya tarik lain bagi pelajar  asal  Indonesia  yang  ingin menempuh pendidikan di Malaysia. Sebab          saat           ini,           penerbangan langsung antara Kuala Lumpur dan beberapa kota  besar  di  Indonesia sudah  tersedia.Tak  hanya  dari sisi ketersedian   jadual   penerbangan langsung, tapi juga dari sisi harga,

tiket penerbangan dari Kuala Lumpur ke beberapa kota besar

di Indonesia  terbilang lebih murah. Misalnya saja, harga tiket penerbangan dari Makasar-Kuala Lumpur yang jauh lebih murah dari Makasar-Jakarta. Selain itu, dari sisi nilai tukar mata uang pun, Malaysia memiliki nilai tukar yang lebih kompetitif dibandingkan dengan mata uang  negara  lain. Saat ini, satu Ringgit Malaysia sekitar Rp2.750 saja jika dibandingkan dengan

1  Dolar Singapura  yang  mencapai   Rp6.500. Apalagi jika  dibandingkan dengan dolar Amerika Serikat maupun dolar Australia.

Keempat,  kedekatan   budaya  antara  Indonesia  dan  Malaysia  pun menjadi  salah  satu  keuntungan yang  akan  diperoleh  oleh  para  pelajar Indonesia yang  ingin mengikuti  kuliah di perguruan  tinggi  di Malaysia. Khususnya yang  terkait  dengan ras dan  kebudayaan  Melayu serta  dari sisi  religius  di  mana   sebagian   besar   masyarakat   Malaysia  beragama  Islam [Muslim]. Bahkan  jika ditilik lebih  jauh,  banyak  kedekatan   suku bangsa  antara masyarakat Melayu Malaysia dan Indonesia. Sebab banyak masyarakat  Malaysia yang  memiliki leluhur  dari etnis  atau  suku  bangsa di Indonesia  seperti  Jawa, Sumatera  dan  Sulawesi. Salah  satu  yang  bisa disebutkan  sebagai  contoh  adalah  Perdana  Menteri Malaysia Datuk Tun Abdul Razak yang masih keturunan suku Bugis, Sulawesi Selatan.

Kelima, jika ditilik dari sisi makanan  sendiri, menu  masakan Malaysia banyak memiliki kemiripan dengan masakan Indonesia. Diantaranya yang sudah diketahui masyarakat luas adalah Rendang, Lemang dan Rempeyek. Selain  itu,  restoran   yang   menyajikan   berbagai   menu   masakan   khas Indonesia pun banyak dan mudah dijumpai di berbagai lokasi di Malaysia.

Tentang Edu atMalaysia
sejarah akademis: 1. Bachelor Science in Geology, Universiti Kebangsaan Malaysia (2011) 2. Master of Science in Geology, Universiti Kebangsaan Malaysia (2011/2012) 3. Master of Science in Geophysics, Universiti Sains Malaysia (2012/2013)

2 Responses to Alasan Kenapa Mimilih Malaysia Sebagai Tujuan Belajar

  1. salman says:

    aku ingin lanjut S2 di malaysia INSYAALLAH

Tinggalkan komentar